,

Lewat Foto, Mereka Turut Melestarikan Alam

MANADO — Berbagai cara bisa dilakukan demi melestarikan alam dan lingkungan. Tidak perlu harus menjadi seorang koservatoris atau aktivis untuk menyelamatkan lingkungan. Melalui hobby, peran untuk melestarikan lingkungan juga bisa dilakukan.

“Kami sebenarnya hanya hobby memotret, pekerjaan utama saya malah sebagai seorang tenaga kesehatan. Tetapi lewat foto kami ingin turut mengkampanyekan kelestarian alam,” ujar salah satu fotografer Stenly Pontolawokang, Sabtu (6/7/2013).

Stenly bersama sembilan fotografer lainnya, diajak oleh penyelenggara International Conference Forest and Biodiversity, untuk memamerkan foto-foto mereka kepada peserta konfrensi dari dalam dan luar negeri.

Sekitar 20 foto karya fotogerafer Manado dan Gorontalo yang bertemakan keanekaragaman hayati dan wildlife membuat para peserta konfrensi terkesima.

Sebut saja, foto karya Rosyid Azhar yang menampilkan sosok hewan endemik Sulawesi Babirusa. Hewan “aneh” ini memang tidak bisa ditemui di daerah lain di dunia. Begitu pula foto karya Joppy Mudeng, berjudul Chitarua sp. yang menyajikan sepasang belalang endemik Sulawesi.

“Melalui foto-foto ini paling tidak kami mengugah masyarakat umum, bahwa kita sebenarnya dianugerahi dengan berbagai macam flora dan fauna yang semestinya kita lindungi,” tambah Edwin Ngangi, salah satu fotografer yang ikut menyumbangkan foto.

Edwin menampilkan karya burung yang sejatinya tidak pernah ada di dataran Sulawesi. Tetapi oleh karena peredarannya yang tidak terkendali, kini burung Kutilang sudah terlihat begitu banyak di Manado dan sekitarnya.

Advisor Conservatio Reseacrh Burung Indonesia, Ria Saryanthi mengakui kagum dengan usaha yang dilakukan oleh para fotografer tersebut. sebab menurut Ria, mereka bukan aktivis lingkungan atau pekerja konservasi.

“Walau bukan sebagai aktivis konservasi, tetapi mereka dengan sendirinya melakukan upaya pendokumentasi keanekaragaman hayati. Usaha ini patut diberi apresiasi dan diberi ruang dalam program konservasi kedepan,” ujar Ria.

Artikel yang diterbitkan oleh
, ,