,

SDM Nano Sains Forum (NASAFOR) UNDIP Kembangkan “Batako Puzzle Multifungsi ( Tahan Gempa, Peredam Suara, Anti Bakteri dan Absorbsi Gas CO – CO2 ) Berbasis Nanotechnology dari Jerami dan Sekam Padi Sebagai Investasi Keberlanjutan Swasembada Limbah Pertanian di Kab. Bantul, Yogyakarta”

Batako Puzzle Multifungsi ( Tahan Gempa, Peredam Suara, Anti Bakteri dan Absorbsi Gas CO – CO2 ) Berbasis Nanotechnology adalah Produk inovasi bahan bangunan generasi ketiga hasil dari eksplorasi penelitian yang di inisiasi berawal dari banyaknya potensi limbah pertanian jerami dan sekam padi yang di buang setiap waktu akibat kurangnya pemberdayaan masyarakat khususnya petani di karenakan kurangnya ilmu serta wawasan untuk mendukung pengembangan dalam hal permanfaatan limbah pertanian jerami dan sekam padi secara keberlanjutan. Pengembangan ide penelitian pertama yaitu “Pemanfaatan Limbah Jerami dan Sekam Padi Sebagai Material Organik untuk Aplikasi Peredam Suara Ultrasonik Berbasis Nanotechnology”. Kelemahan dari ide pertama yaitu di karenakan tidak ada antisipasi material pencegah proses dekomposisi pelapukan akibat kontak langsung dengan air hujan di luar itu yang mengakibatkan pembusukan pada jerami dan sekam padi lebih cepat dari yang di perhitungkan sebelumnya. Pengembangan ide penelitian kedua yaitu “Pemanfaatan Limbah Jerami dan Sekam Padi Sebagai Material Organik Hybrid Nano Silika untuk Aplikasi Partisi Dinding Peredam Suara Anti Bakteri”. Namun kelemahan dari ide yang kedua yaitu kurangnya bentuk interlocking seperti puzzle yang mengakibatkan material bahan bangunan batako jerami masih sangat rapuh ketika terjadi guncangan hebat dari getaran gempa gaya horisontal, vertikal maupun lateral. Lalu selain itu kelemahan berikutnya di karenakan material bahan bangunan batako bagian dari salah satu properties yang vital maka perlu pengembangan desain yang mampu menyerap polutan dari emisi gas buang yang di timbulkan dari asap kendaraan transportasi contohnya polutan berbahaya gas CO, CO2, dan Hidrokarbon. Setelah itu muncul pengembangan ide penelitian ketiga yang sudah kami lakukan secara independent mengenai “Batako Puzzle Multifungsi ( Tahan Gempa, Peredam Suara, Anti Bakteri dan Absorbsi Gas CO – CO2 ) Berbasis Nanotechnology. Pada hal ini pengembangan Batako Puzzle Multifungsi setidaknya mampu mengatasi permasalahan yang ada dari konstruksi dinding tahan gempa, peredam suara, anti bakteri sekaligus absorbsi gas CO – CO2 yang ada di lingkungan sekitar bangunan dan asap kendaraan transportasi.

Berikut Lampiran Dokumentasi Proses Pembuatan Prototipe, Data Pengujian dan Penghargaan Juara Favorit di Ajang UNY – National Innovation Technology 2013

Proses Pembuatan Prototype Alat Pengawetan Ikan Hybrid Serat Partisi Jerami dan Nano Edible Film dari Limbah Jerami dan Sekam Padi (3) Proses Pembuatan Prototype Alat Pengawetan Ikan Hybrid Serat Partisi Jerami dan Nano Edible Film dari Limbah Jerami dan Sekam Padi

 

Proses Pembuatan Prototype Alat Pengawetan Ikan Hybrid Serat Partisi Jerami dan Nano Edible Film dari Limbah Jerami dan Sekam Padi (2) Proses Pembuatan Prototype Alat Pengawetan Ikan Hybrid Serat Partisi Jerami dan Nano Edible Film dari Limbah Jerami dan Sekam Padi (1)

 

UNY - National Technology 2013 (7) UNY - National Technology 2013 (6) UNY - National Technology 2013 (2) UNY - National Technology 2013 (4) UNY - National Technology 2013 (5) UNY - National Technology 2013 (8)

UNY - National Technology 2013 UNY - National Technology 2013 (1)

Artikel yang diterbitkan oleh