,

Sunday Clean Bersama Kophi Kaltim

Kophi Kaltim 1kophi kaltim 2Senangnya bergabung dengan anak-anak muda di Koalisi Pemuda Hijau Indonesia region Kalimantan Timur (KOPHI Kaltim). Dengan semangatnya mereka melakukan hal- hal kecil dan sederhana untuk dapat menginspirasi masyarakat agar peduli dan mencintai lingkungannya. Betapa tidak, mereka memunguti sampah di jalan-jalan, membersihkan paritan (drainase) hingga mencabuti paku di pohon pohon.
Sunday Clean merupakan salah satu kegiatan rutin mereka. Kegiatan pungut sampah di tempat umum dan memilihnya antara sampah botol, kertas atau plastik snack. Dilaksanakan dua minggu sekali setiap bulannya. Pada minggu pagi di dua tempat Balai Kota Samarinda dan Komplek Stadion Sempaja.

kophi kaltim. 3Kebersihan merupakan tanggung jawab kita bersama, bukan hanya tanggungjawab Dinas Kebersihan Kota, demikian kami mencoba menginspirasi masyarakat. Sampah yg berserakan pasti akan dibersihkan oleh petugas, namun alangkah baiknya jika kita menjaga kebersihan lingkungan. Membudayakan rasa malu membuang sampah sembarangan di tempat umum.
Senang sekali ketika ada beberapa warga yang tanpa disuruh mereka membantu, namun ada pula warga yang dengan santai dan acuh tak acuh membaang sampah didekat kami bekerja, seperti tak punya malu. Kami pun permisi untuk mengambil langsung sampah yang berada di sekitar mereka. Ini sebagai ajakan halus kami terhadap warga yang masih tak peduli dengan kebersihan lingkungannya.

kophi kaltim.5Kepada warga yang telah membantu, kami memberikan stiker Kophi gratis bertuliskan “Terimakasih Anda Telah Menjaga Lingkungan Sekitar Anda.” Ada beberapa macam versi sticker yg berbeda setiap minggunya, apabila anak kecil yg membantu kita kasih dia sticker bergambar lucu sesuai umur mereka. Kami berharap, semoga apresiasi kecil ini tertanam di ingatan mereka untuk menjaga lingkungannya.

Setelah Sunday Clean sejenak kami beristirahat, Break and Talk (BETA), atau mudahnya kita sebut KOPHI BETA. Beristirahat santai dengan sendau gurau, untuk meningkatkan keakraban, solidaritas, semangat dan saling menginspirasi untuk Samarinda serta Kaltim yang lebih baik. Disini sesama anggota berdiskusi dan mengevaluasi kegiatan agar kedepan kegiatan bisa menjadi lebih baik. Dan terus berjuang berrsama, berharap Samarinda dan Kaltim yang lebih baik.

Artikel yang diterbitkan oleh