,

Lomba Fotografi: Hutan Kota Universitas Indonesia, Hijau di Pinggir Jakarta

Jika berbicara mengenai kawasan hijau, khususnya di Jakarta, tentunya saat ini sudah sangat jarang kita temui. Pembangunan gedung bertingkat yang secara jor-joran dari waktu ke waktu membuat Ibu kota Indonesia ini terus kehilangan sumber penghasil oksigen alaminya. Namun, meski begitu ternyata masih ada satu kawasan hijau di pinggir Jakarta yang bisa membuat kita serasa ‘bukan’ di Jakarta. Ya, tempat itu merupakan hutan kota yang terletak di tengah-tengah kampus Universitas Indonesia (UI) yang berada persis di ujung selatan Jakarta. UI sendiri secara letak sudah berada di wilayah Kota Depok.

Kawasan ini juga menjadi penghubung masyarakat yang ingin berpergian ke Depok dari Jakarta maupun arah sebaliknya. Bagi siapa saja yang melewati hutan kota UI, pastinya akan menghirup udara segar yang sulit mereka temukan pada kawasan lain di Jakarta. Pohon-pohon yang kita jumpai di hutan kota ini memang menjadi bagian dari misi UI dalam menciptakan lingkungan kampus yang hijau.

Sisi lain jalanan di hutan kota UI
Sisi lain jalanan di hutan kota UI.

Peran masyarakat khususnya pemerhati lingkungan hidup sangat besar dalam membantu menciptakan suasana hijau di UI, selain itu tentunya bantuan dari mahasiswa kampus Fakultas Kehutanan yang ikut mempermudah kinerja para pemerhati lingkungan tersebut. Pohon-pohon yang ditanam di hutan kota UI sangat bervariasi, dari yang memiliki tinggi sedang, rendah, hingga pohon yang memiliki diameter besar seperti pohon akasia.

Pohon Akasia Mangium di  hutan kota UI
Pohon Akasia Mangium di hutan kota UI.

Jika selama ini kita mengira masyarakat (hanya) sering mengikuticar free day (CFD)di kawasan-kawasan ramai seperti bundaran HI, ternyata di hutan kota UI pun kita bisa berolahraga dengan santai di hari libur akhir pekan. Bahkan, di hutan kota UI kita bisa melakukan hal tersebut setiap hari karena banyak sisi-sisi jalanan yang lebih banyak lengang sehingga dapat digunakan untuk berolahraga.

Tampak seseorang yang sedang menikmati lari pagi ringan di kawasan hutan kota UI.
Tampak seseorang yang sedang menikmati lari pagi ringan di jalanan hutan kota UI yang lebih sering lengang.

Dengan kondisi seperti ini, tentunya sangat menguntungkan siapa saja yang hidup di sekitar hutan kota UI. Terdapat juga beberapa danau yang berperan sebagai tempat peresapan air jika hujan datang, sehingga daerah tersebut sangat bebas dari bahaya banjir. Untuk itu, pemerintah maupun masyarakat harus mengapresiasi konsep lingkungan kampus yang dibuat UI dengan ikut menjaga apa yang telah tersedia disana. Bila diperlukan, konsep lingkungan hijau UI dapat dijadikan contoh agar bisa diterapkan di kawasan-kawasan lain di Jakarta, bahkan seluruh Indonesia.

 

Artikel yang diterbitkan oleh
,