Mari Ramaikan Dare To Care #3

Dare To Care #3 “Interrupt The Disaster!” merupakan ajang tahunan yang selalu mengangkat tema tentang kepedulian akan kesejahteraan satwa dan kelestarian alam. Acara ini dikemas dalam bentuk pagelaran musik, wokshop fotografi lingkungan dan edukasi penyelamatan dan kepedulian terhadap satwa dan lingkungan bagi pada siswa sekolah dasar dan ditambah lagi dengan materi penanggulangan bencana, hal ini dirasa penting karena Yogjakarta sebagai daerah yang rawan bencana alam, mulai dari letusan gunung merapi, tsunami dan gempa bumi. Acara Dare To Care #3 tahun ini akan digelar selama satu hari penuh di kampus Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta.

Dare to Care #3 “Interrupt the Disaster!’ diselenggarakan karena kekhawatiran bersama akan kondisi kepedulian manusia terhadap lingkungan dan satwa yang acuh. Kita semua bisa melihat dan mengakui rapuhnya keadaan sekitar, bencana-bencana keseharian yang bisa ditelusuri dari ketidakpedulian; pembiaran terhadap rentetan kekerasan-kekejaman-eksploitasi terhadap satwa, baik satwa domestik maupun liar dan hantaman-hantaman pengrusakan alam adalah display vulgar dari Bencana Ketidakpedulian. Dare to Care #3 “Interrupt the Disaster!” adalah suatu gebrakan bersama untuk kembali bersikap reflektif-introspektif dan merumuskan bersama kontribusi holistik yang bisa diberikan untuk mematahkan status quo dari Bencana yang sesungguhnya.

Dare To Care dengan kemasan acara musik untuk menggalang kepedulian generasi muda dan masyarakat pada umumnya terhadap satwa dan alam, pertama kalinya dilaksanakan di Pusat Penyelamatan Satwa Jogjakarta (PPSJ), Sentolo, Kulonprogo pada tahun 2010 dan untuk yang kedua kalinya, dengan seruan “It’s Time to Act”, dilaksanakan di Jogja National Museum (JNM), Yogyakarta pada tahun 2011. Tak ingin mandeg hanya sebagai pesta pertunjukan dan penikmat musik semata—meski mendapat apresiasi dari berbagai kalangan dengan output positif bagi penyelenggara dan generasi muda dengan berkontribusi langsung dalam peningkatan kesejahteraan satwa —kami selaku panitia berkomitmen menolak klise dari kosakata ‘peduli’ tanpa menjadi agen perubahan. Kami tidak terjebak jatuh dalam propaganda populer tentang kengerian ‘bencana’ natural yang tak terduga, tapi justru berkesperimen dengan dan menginterupsi Bencana terburuk sehari-hari.

Dare to Care #3 “Interrupt the Disaster!” adalah serangan yang kami lancarkan bagi setiap ketidakadilan bagi satwa dan alam. Hiruk-pikuk semarak pagelaran musik tidak ada gunanya jika tidak mengukuhkan gagasan titik balik masing-masing dari kami dan generasi muda yang berpartisipasi di dalamnya. Iringan lomba karya tulis dan foto bertemakan kepedulian terhadap satwa dan alam dimaksudkan sebagai proses mendengarkan batin sendiri, mengatasi kebuntuan yang makin hari makin terasa lumrah, merenungkan dan menyumbangkan gagasan bahwa ada yang keliru dalam keseharian kita yang apatis tanpa harus merasa diceramahi. Harapannya adalah kami-kamu-dia-mereka akan mencapai kematangan sebagai generasi muda, bahwa kehidupan (dan perubahan) usai acara lebih esensial daripada pagelaran itu sendiri.

Panitia Dare to Care #3 “Interrupt the Disater!” kali ini bekerja sama dengan Mongabay Indonesia dan Animal Friends Jogja [AFJ] dan merangkul organisasi-organisasi yang bergerak di bidang peningkatan kesejahteraan dan kepedulian tentang hak-hak asasi satwa maupun pelestarian lingkungan, seperti Jakarta Animal Aid Network (JAAN), OutSIDers Jogja, Greenpeace Indonesia, The Body Shop Indonesia, KIA Motors, badan Penanggulangan Bencana Daerah DI Yogyakarta, Mapala Bumipala dan Lembaga Pers Mahasiswa dari kampus MMTC Jogja dan beberapa organisasi lain bermisi dan visi serupa (dalam konfirmasi). Penggalangan kepedulian melalui perhelatan akbar ini akan diimplementasikan dalam program-program riil bagi satwa domestik, satwa liar dan pelestarian alam.

Untuk mendukung acara ini kami mengundang dan mendaulat Shaggydog, Jogja Hip-Hop Foundation (JHF), sebagai guest stars serta ikon peduli lingkungan hidup dan satwa. Kami juga mengundang band-band indie dari Yogyakarta seperti Melancholic Bitch, Risky Sumerbee and The Honey Thief, Dream Society, Havin Hell, Dirty Glass, The Brews dan Mispor.

Selain acara musik, kami akan mengadakan acara workshop Fotografi lingkungan pada siang hari, pukul 13.00 s.d. 15.00 dengan pembicara Dwi Oblo (Reuters dan National Geography) dan Ady Ristanto (Birdwatching and WildLife Photography). Adapun berbagai kegiatan Dare To Care #3 ini, kami lampirkan pamflet kegiatan sejak pagi hari hingga selesai.

Kami berharap, kawan-kawan jurnalis bisa ikut memberikan dukungan dengan ikut mempublihs dan memberitakan akan gerakan bersama untuk mewujudkan kelestarian lingkungan Indonesia yang lebih baik dan dengan harapan juga kepedulian masyarakat akan kesejahteraan satwa menjadi lebih baik.

391139_555512461153988_931002007_n

Artikel yang diterbitkan oleh