RAMADHAN PENUH BERKAH #LiburanHijau

 

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Dengan seharian berpuasa, menahan lapar dan amarah, kita akan mendapatkan kenikmatan disaat berbuka dan di akhirat nanti. Selain itu, berkah di bulan ramadhan juga dirasakan oleh banyak pihak dari yang awalnya seharian bekerja, menjadi berkurang beban kerjanya karena puasa, juga berkah bagi ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai keahlian membuat makanan berbuka dan masyarakat yang kreatif memanfaatkan momen ramadhan untuk berjualan.

Membuat makanan untuk berbuka menjadi suatu kebiasaan saat bulan ramadhan. Selain untuk keperluan sendiri, makanan yang dibuat kadang-kadang dijual. Mulai dari kolak pisang, koktail, aneka makanan kecil dan gorengan serta makanan berbuka lain yang banyak dijajakan dipinggir-pinggir jalan kampong maupun jalan besar. Yang berjualan pun tak hanya ibu-ibu, lingkungan kampus banyak dipenuhi oleh mahasiswa yang berjualan makanan dan minuman berbuka puasa. Keadaan ini memberikan berkah bagi yang berjualan juga untuk orang-orang yang berpuasa. Bagi yang berjualan, mereka mendapat untung dari barang dagangannya, sedangkan bagi yang berpuasa, mereka mendapat bahan berbuka lebih mudah tanpa susah membuatnya.

Namun, selain membawa berkah, bulan ramadhan juga membawa dampak bagi lingkungan. Dari berbagai berita, sampah meningkat selama bulan ramadhan ini. Dari situs jambiekspres.co.id, kenaikan sampah di kota Jambi meningkat 5-10 % selama ramadhan, bahkan dari disitus kabar-banten.com, menyebutkan bahwa volume sampah di kota Tangerang meningkat sampai 40% diawal ramadhan. Ini menjadi perhatian khusus bagi kita, karena hanya di awal bulan ramadhan saja sudah menyumbang produksi sampah yang begitu banyak, apalagi selama satu bulan penuh. Selain itu, dengan meningkatnya sampah ini akan merusak kelestarian lingkungan.

Meningkatnya sampah ini dapat dilihat dari konsumsi kita selama ramadhan. Pada bulan ramadhan ini kita lebih konsumtif, lebih memilih membeli makan dengan bungkus plastik daripada membuat makanan sendiri. Semua makanan yang dijual dipinggir jalan dibungkus dengan plastik, kolak lebih mudah dibungkus dengan plastik atau dibungkus dengan gelas plastik. Makanan kecil juga dibungkus dengan plastik, makanan dan minuman yang dibawa juga dibungkus dengan plastik, bias dibayangkan seberapa banyak plastik yang digunakan hanya untuk satu penjual makanan saja. Belum lagi penjual makanan yang lain. Dan jika semua makanannya dibungkus dengan plastik, maka sampah yang dihasilkan akan semakin banyak pula.

Plastik adalah sampah yang sulit untuk diuraikan lingkungan. Sampah plastik baru terurai setelah 50-80 tahun, jadi sampah yang kita gunakan saat ini masih bertahan sampai 50 tahun kedepan. Dengan begini, sampah akan terus menumpuk jika kita terus menggunakannya. Di Indonesia, jumlah sampah plastik menduduki tempat kedua terbanyak setelah sampah kertas (berdasarkan data Deputi Bidang Analisis Sistem, 1981-2002).

Alangkah baiknya jika kita bijak dan peduli terhadap lingkungan. Dengan mengurangi penggunaan sampah plastik, kita akan mengurangi beban lingkungan dan menjaga lingkungan tetap lestari. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk peduli terhadap lingkungan. Salah satunya dengan mengisi bulan ramadhan ini dengan menghijaukan lingkungan dengan tanaman. Langkah ini cukup mudah dan sederhana, bahkan dapat memanfaatkan sampah plastik yang ada. Dari saudara Surya Rahmah Labetubun, yang menulis tentang membuat kebun di halaman mungil pada situs http://readersblog.wpengine.com. Cara ini sungguh sederhana, dengan memanfaatkan botol dan toples bekas. Dari tulisan beliau, botol plastik dan toples bekas dapat digunakan untuk berbagai media tanam, baik dengan media sekam ataupun hidroponik. Selain itu, caranya juga mudah sekali dan semua orang dapat melakukannya. Banyak tanaman yang dapat ditanam dengan media botol atau toples bekas, tidak hanya tanaman hias, bahkan sayur dan buah-buahan juga dapat ditanam di botol bekas. Dengan menanam pada botol plastik bekas, selain dapat mengurangi pencemaran lingkungan kita juga bias mendapatkan buah dan sayuran segar dari tanaman yang kita tanam sendiri.

Selain itu, kita dapat memanfaatkan botol-botol plastik bekas untuk berbagai kreatifitas. Berikut beberapa kreatifitas yang dapat anda buat dengan memanfaatkan botol plastik bekas :

1. Dekorasi Bunga untuk Rumah dari Botol Bekas

FOBN48WFFRCP0ED.LARGE_

Jika anda memiliki koleksi botol bekas yang tidak terpakai, tetapi bingung untuk diapakan, mungkin kreasi seperti foto diatas dapat kalian lakukan juga di rumah. Dengan memotong bagian bawah botol dan kemudian menyusunnya kembali dengan menggunakan senar atau benang anda dapat mempercantik jendela pada rumah atau ruangan tamu. Ide yang sangat sederhana namun memiliki nilai estetika dan manfaat. Selain itu anda juga dapat menambahkan hiasan lampu LED kelap kelip di bagian belakang, pada saat malam tiba hiasan dari botol bekas ini juga mampu memberikan suasana hangat di rumah. Via: Instructable

2. Tas Kecil untuk Koin dari Botol Bekas

PET_BROTHERS_SISTERS_ZittaSchnitt-bigKreasi daur ulang dari botol bekas ini dinamakan Pet Bottle Purse yang didesain oleh desainer asal Jerman, Zitta Schnitt. Proyek ini adalah proyek yang bersifat open source, yang artinya siapa saja dapat menggunakan desain ini. Dengan menggabungkan dua buah potongan bagian belakang botol dan menambahkan resleting, botol bekas dapat diolah kembali menjadi sebuah produk yang bernilai tambah. Selain bermanfaat, desain ini juga memiliki tampilan yang menarik. Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan mendownload gratis templatenya disini

3. Sapu dari Botol Bekas

creative-diy-ideas-13

Dengan sedikit usaha dan kreatifitas anda juga dapat memanfaatkan kembali botol bekas menjadi sapu. Selain itu, kegiatan berkreasi ini dapat kita gunakan untuk menyalurkan hobi serta mengisi waktu luang. Untuk membuat sapu dari botol bekas ini, peralatan yang diperlukan tidaklah rumit, cukup dengan menggunakan botol bekas, alat pemotong dan gagang yang terbuat dari kayu, kita sendiri dapat membuatnya di rumah.

4. Pot Bunga dari Botol Bekas

self-watering-herb-plantersBerkebun di dalam rumah, adalah solusi bagi rumah kecil dengan halaman yang kecil. Bagi anda yang tertarik untuk menanam tanaman obat namun tidak memiliki halaman rumah yang luas, mungkin alternatif ini dapat anda gunakan. Tempat yang paling ideal untuk menanam tanaman obat adalah tempat yang terjangkau oleh sinar matahari. Tanaman obat setidaknya membutuhkan cahaya matahari secara langsung rata-rata 1-2 jam per hari, dan 6 jam cahaya matahari tidak langsung. Tempat di dekat jendela adalah tempat yang paling ideal untuk meletakkan tanaman obat. Salah satu media yang dapat anda gunakan adalah menggunakan botol bekas. Perlatan yang dibutuhkan cukup sederhana yaitu botol bekas, alat pemotong, tanah dan tentunya bibit tanaman yang akan ditanam. Via: Green Updater

5. Tempat Penyimpanan Koran dari Botol Bekas

recycline_zeitungshalter

Desain inovatif dari botol bekas ini dibuat oleh Ryterdesign. Pada situs Ryterdesign kita dapat melihat berbagai koleksi produk yang dibuat dengan menggunakan botol bekas. Selain menarik, desain ini juga memiliki nilai manfaat yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan sedikit penambahan aksen dan ornamen botol bekas yang semula tidak terpakai dapat terlihat lebih cantik dan memiliki nilai manfaat. Anda juga dapat melihat berbagai koleksi unik dari Ryter Designdisini

6. Tempat Lilin dari Botol Bekas

diy-2-02

Desain yang sederhana pun dapat terlihat menarik. Ternyata banyak hal kecil yang tidak kita perhatikan dapat dibuat menjadi barang yang bermanfaat, tempat dari lilin ini adalah contohnya. Dengan menggunakan potongan dua botol bekas bagian atas dan menggabungkannya dapat dibuat tempat lilin yang cantik. Contoh desain tempat lilin dari botol bekas ini juga dibuat olehRyter Design

7. Kuas Lukisan dari Botol Bekas

creative-diy-ideas-11-4 Jika anda menyukai hal-hal yang bersifat seni, mungkin kalian dapat membuat sebuah lukisan dengan menggunakan botol bekas sebagai pengganti kuas. Membuat lukisan dengan menggunakan bagian belakang botol bekas ini sangat mudah untuk dilakukan. Peralatan yang dibutuhkan pun sangat sederhana namun mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Ide sederhana dan menarik, sebuah hal yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

8. Tempat Lilin Dekoratif dari Botol Bekas

candle-in-water-bottle-afterBotol bekas pun ternyata juga dapat dibuat sebagai tempat lilin aroma terapi. Teknik pembuatannya pun dapat dikatakan cukup mudah, dengan menggunakan potongan botol bekas, pasir, bebatuan hiasan dan lilin aroma terapi anda juga dapat melakukannya di rumah. Via: Crafting A Green World

9. Segel Plastik dari Botol Bekas

plastic-bottle-crafts1Salah satu manfaat dari botol bekas yang cukup praktis adalah membuatnya sebagai penutup plastik. Yang diperlukan hanyalah memotong bagian atas botol dan menaruhnya pada plastik yang sudah terisi. Langkah-langkah pembuatannya dapat dilihatdisini

10. Peredam Suara dari Botol Bekas

water-bottle-wall2Bagian terakhir dari artikel ini adalah menggunakan botol bekas sebagai media peredam suara bising. Botol plastik ternyata juga memiliki kemampuan untuk meredam suara bising yang cukup baik. Foto diatas adalah salah satu contoh ruangan membaca yang didesain dengan menggunakan botol plastik sebagai media peredam suara bising. Ruangan ini didesain oleh Biro ArsiteK Dytham Architecture.

Ide-ide di atas sangatlah mudah dan semuanya dapat anda lakukan sendiri dengan barang dan peralatan yang ada di rumah. Selain dapat mengurangi sampah, juga dapat menambah keindahan dan dapat bermanfaat bagi lingkungan. Anda juga dapat memanfaatkan botol plastik bekas dengan berbagai kreatifitas anda, contoh-contoh di aatas hanyalah sebagian, anda dapat mengembangkannya sesuai dengan kreatifitas anda.

Selain itu, dengan memasak makanan sendiri kita akan mengurangi jumlah sampah plastik yang dihasilkan. Dengan memasak sendiri, kita juga akan lebih berhemat dan dapat menambah berkah di bulan ramadhan ini. Dengan menjaga lingkungan tetap bersih, kita juga sudah menjaga kelestarian lingkungan untuk masa depan anak cucu kita. Dengan menjaga kebersihan, kita juga sudah menambah keimanan kita. Kita sering mendengar kalimat ” Kebersihan Sebagian Dari Iman” merupakan ungkapan yang baik (Islami), karena didukung sebuah hadits yang menurut Imam Suyuthi berstatus hasan, yakni sabda Nabi SAW :

”Sesungguhnya Allah Ta’ala adalah baik dan mencintai kebaikan, bersih dan mencintai kebersihan, mulia dan mencintai kemuliaan, dermawan dan mencintai kedermawanan. Maka bersihkanlah halaman rumahmu dan janganlah kamu menyerupai orang Yahudi.”(HR. Tirmidzi)

Ungkapan itu dapat diberi arti, bahwa menjaga kebersihan segala sesuatu merupakan bukti atau buah keimanan seorang muslim, karena dia telah beriman bahwa Allah SWT adalah Dzat Yang Mahabersih.

Semoga dengan bulan ramadhan yang penuh berkah ini, dapat memberi berkah untuk kita dan lingkungan kita. Selamat berkreasi.

Sumber :

http://www.kabar-banten.com/news/detail/13637

http://www.jambiekspres.co.id/berita-7809-ramadhan-volume-sampah-naik.html

http://www.mobgenic.com/2012/12/02/10-ide-kreatif-memanfaatkan-kembali-botol-bekas/

http://readersblog.wpengine.com/rb/2013/07/16/mewujudkan-lagu-lihat-kebunku-di-halaman-mungil/#close

http://shalatcenterjabar.org/index.php?option=com_content&view=article&id=244:kebersihan-sebagian-dari-iman&catid=38:berita-umum&Itemid=73

 

Artikel yang diterbitkan oleh