,

Ngariung Ciliwung: Ngurus Ciliwung Mesti Bareng-Bareng

 

Bojong,29 Desember 2013-21.Siaran Pers.Komunitas Ciliwung mulai dari Puncak, Bogor sampai dengan Muara, Jakarta mendorong dan mengajak masyarakat di sepanjang Ciliwung dan pemerintah daerah di Jawa Barat untukmendukungrestorasi ekosistem di Jawa Barat yang merupakan kawasantengahdanhuluSungai Ciliwung.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Komunitas Ciliwung diakhir tahun 2013 ini adalah mengadakan kegiatan “Ngariung Ciliwung” yang mengundang Gubernur Jawa Barat, Walikota Bogor, Bupati Bogor dan Walikota Depok yang dilakukan di Kampung Glonggong, Desa Kedung Waringin, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor.

Komunitas Ciliwung mengajak semua pihak baik dari Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Kementerian Lingkungan Hidup, BPDAS Citarum Ciliwung dan pihak swasta, serta masyarakat luasuntuk berkumpul bersama dan membangun komitmen bersama untuk restorasi Ciliwung.

MuhamadMuslich dari Komunitas Peduli Ciliwung Bogor, yang juga Koordinator KegiatanNgariungCiliwung mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untukmempertemukan ide-ide lokal untuk mendukung restorasi Sungai Ciliwung.

“Komunitas Ciliwung di berbagai titik telah memberikan contoh nyata dengan kegiatan-kegiatan yang unik untuk mendukung pemulihan sungai. Meski sifatnya sangat lokal namun kegiatan mereka dapat berdampak luas. Ini potensi yang harus didukung baik oleh pemerintah daerah ataupun sektor swasta” tegasnya.

Erna Witoelar, Ketua Gerakan Ciliwung Bersih yang sekaligus sebagai pemandu kegiatanNgariungCiliwung menyampaikan bahwa setelah acarangariungdiadakan oleh Komunitas Ciliwung, semoga akan ada kegiatanngariunglain yang diadakan oleh Pemerintah Daerah Jawa Barat yang mengundang 21 komunitas ciliwung yang saat ini sudah hadir.

“Didalamngariungini kita mendapatkan banyak ide-ide kreatif upaya restorasi Ciliwung. Semangat Komunitas Ciliwung ini sangat bagus” ungkap Erna Witoelar.

Sampah yang langsung dibuang di sungai. Foto: Ridzki R. Sigit

Walikota Depok, Nur Mahmudi Is’mail yang hadir didalam acaraNgariungCiliwung mengatakan bahwa kita perlu pemahaman bersama tentang konsep restorasi Sungai Ciliwung mulai dari hulu sampai dengan hilir. Pemerintah pusat silahkan menetapkan berapa meter untuk garis sepadan sungai di hulu sampai dengan hilir Ciliwung, sehingga kami pemerintah daerah bisa memperkuat melalui peraturan daerah.

“Setelah disepakati garis sepadan sungainya, mari kita terapkan aturan-aturan yang sudah ada tentang pengelolaan sampah, limbah dan bantaran sungai. Untuk mengurangi jumlah air hujan dan sekaligus memanfaatkan air hujan, kita bisa membuat sumur resapan, membuat instalasi pengelolaan air limbah dan memperbesar atau mempercepat tampungan air hujan dengan metode sumur imbuhan. Depok sudah lama membangun sumur imbuhan, yaitu aliran air hujan yang langsung masuk ke perut bumi.

Melalui kegiatan Ngariung Ciliwung Muslich yang mewakiliKomunitas Ciliwung lainnya berharap pemerintah daerah bisa mendukung usulan-usulan kegiatan komunitas ciliwung yang berdasarkan hasilNgariungCiliwung. Perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yaitu Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah I Provinsi Jawa Barat, Eddy I.M Nasution berjanji akan menyampaikan secara lengkap hasil pertemuan komunitas Ciliwung dengan pemerintah ke Gubernur Jawa Barat.

“Secara singkat sudah saya sampaikan langsung rumusan dari kegiatanNgariungCiliwung kepada Gubernur Jawa barat. Kegiatan ngairung ini sangat bagus sekali. Komunitas Ciliwung sangat kompak dan bisa berkumpul semua dari hulu sampai hilir. Gubernur Jawa Barat harus melihat kekompakan dan kerjasama antar komunitas ini” katanya.

Walikota Depok menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Depok akan berkomitmen dalam upaya restorasi Sungai Ciliwung dan mendukung kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan komunitas Ciliwung.

Artikel Terkait:

http://www.mongabay.co.id/2013/07/29/komunitas-ciliwung-pemerintah-masih-abai-terhadap-persoalan-sungai/

http://www.mongabay.co.id/2013/11/12/balada-jelajah-ciliwung-sungai-terus-terancam-dari-pembangunan-kota/

 

Kontak Lebih Lanjut

M. Muslich,KoordinatorKegiatan “Ngariung Ciliwung”,e-mail: muslich.ecology[at]gmail.com

Leoni Rahmawati,permintaan video dan dokumentasi,e-mail: leonirahmawati[at]gmail.com

 

Artikel yang diterbitkan oleh
, , , , ,