lomba penulisan Air Terjun Guruh Gemurai

YUK PEDULI LINGKUNGAN

20140315_100504Tersembunyi dibalik bukit nan tinggi gemercik dan gemuruh air terjun yang dilindungi pepohonan alam, jauh dari pedesaan berada disebuah pedusunan terdapat sebuah keindahan alam yang menabjubkan. Air terjun guruh gemurai yang berada didesa kasang kec, kuantan mudik Kab, Kuansing propinsi RIAU. Salah satu keindahan alam yang ada dikabupaten kuantan singingi ini merupakan sebuah aset ekowisata yang bisa dikembangkan yang akan menjadi daya tarik pengunjung manca negara mengunjungi kota jalur ini.
Pemandangan keindahan alam disertai gemercik gemuruh suara iar terjun akan menjadi salah satu rekreatif manusia sekarang nanti dan selanjutnya. Seiring dengan semakin berkurangnya kesadaran masyarakat dan semakin tingginya kebutuhan ekonomi maka dalam penjagaan kelestarian air terjun guruh gemurai ini mulai berkurang, pepohonan alam sudah ditebang pasilitas yang disediakan juga tidak terjaga. Masyarakat semestinya peduli terhadap lingkungan dan pemerintah mestinya melirik lebih dekat keluhan masyarakat agar terjaganya kelestarian alam yang kita miliki ini dan pemerintah harus baur membaur dalam penjagaan kelestarian dan pengembangan pasilitas seperti akses jalan pembuatan trek dan permainan atau tantangan jalan untuk mendongkrak para torism untuk mengunjungi air terjun ini. Penambahan penyediaan pendopo jalan menuju air terjun terakhir rumah pondok di ke empat air terjun karna guruh gemurai memiliki 4 tingkat air terjun yang saat ini baru 2 tingkat yang diberi fasilitas jalan.
Fenomena kejenuhan pengunjung akan selalu meningkat tiap tahunnya dikarnakan kurangnya swadaya masyarakat setempat. Pendokrak pengunjung adlah keunikan tumbuhan alam dan ke asrian lingkungan disekitarnya disertai fasilitas yang memadai dan penjagaan yang bertanggung jawab.
Kekayaan alam serta potensi sumberdaya alam hayati yang dimiliki merupukan aset basatu nogori maju kuantan singingi yang merupakan potensial untuk bisa dikembangkan sebagai daya tarik pengujung wisatawan melihat nagori kita ini. Kelemahannya adalah kurang terpeliharanya lingkungan air terjun guruh gemurai dan lemahnya pengetahuan masyarakat dalam penjagaan kelestarian lingkungan disekitar.
Pengembangan kemampuan masyarakat menjaga dan fasilitas yang memadai akan mampu menarik minat wisatawan baik dari manca negara maupun wisata lokal. Keterlibatan masyarakat baik dari penjagaan maupun dari segi pengembangan merupakan sebuah bantuan penunjang ekonomi bagi masyarakat sekitar. Pemerintah juga harus memberi fasilitas siswa dan mahasiswa dalam ajang perlombaan dalam bentuk perlindungan yang akan membentuk jiwa pelajar cinta lingkungan, mengadakan perlombaan seni budaya, photo grafi. penelitian bagi tingkat mahasiswa, mengadakan sminar dll, ini juga akan membentuk peminat pengunjung terutama dari masyarakat lokal..
Air terjun guruh gemurai kurang dipandang sebagai suatu usaha bagi masyarakat lokal. Partisipasi masyarakat dan pemerintah kurang terjalin kerjasama. Pemerintah harus melibatkan masyarakat lokal dalam pengembanan air terjun guruh gemurai ini.
Untuk mencapai terwujutnya keindahan Alam dan keunikan air terjun ini sudah sewajarnya kita sama peduli dan saling meningatkan agar terwujudnya perubahan dan perkembangan lingkungan kita..
Yuk peduli keindahan lingkungan sekitar….

Artikel yang diterbitkan oleh