lomba penulisan JAGA HUTAN KITA DEMI ANAK CUCU KITA NANTI

JAGA HUTAN UNTUK KITA DAN DEMI ANAK CUCU KITA NANTI

20140415_084600Kerusakan hutan selalu terjadi dimana-mana perubahan allih funsi hutan menjadi perkebunan merak terjadi disekitar kita. Seharusnya kita menyadari jeritan tangisan satwa kita di alam sana meminta pertolongan kita. Tak bisa kita menyalahkan mereka merusak masuk dalam lingkungan kita karena salah kita yang tak menjaga rumah mereka.
Tak bisa dipungkiri lagi ribuan jiwa saudara kita selalu menjadi korban bencana kebanjiran dan tanah longsor. Bukan hanya saudara kita, kita sendiripun juga terkena dampaknya suhu udara yang semakin meningkat aliran air yang sering meluap kini menjadi tantangan baru seperti maut dalam selimut kehidupan kita, mereka datang mengintai kita. Ini bukan sebuah fenomena alam tapi ini semua terjadi karna kelalaian kita dalam menjaga hutan kita, ketidak pedulian kita terhadap lingkungan kita akhirnya kita menikmati dampak dari lalinya kita dalm menjaga alam kita.
Para inpestor kini tertawa diatas penderitaan kita mereka bahagia dinegara seberang sana. Sementara disini kita menjerit terjepit kesulitan kekeringan yang selalu melanda kita. Akankah kita selamanya menikmati kepahitan ini?
Akankah kita dan anak cucu kita hanya bisa menikmati derita?
Akankah fauna dan flora kita tinggal cerita. Ini semua karna hutan kita yang mulai tiada.
Sekarang saatnya kita menyadari hutan ini harus diselamati. Mari kita berpartisipasi dalam menjaga hutan ini saling baur membaur dalam pengelolaan lingkungan yang bersih asrih Agar kita menikmati indahnya alam ini.
Hutan bukan untuk ditakuti tapi untuk dilindungi betapa besar manfaat hutan bagi kita.
Hutan mampu mengatur tata air dan mencegah banjir
Hutan mampu menyerap dan menyimpan karbon
Hutan penghasil oksigen
Hutan menciptakan keindahan kedamaian dan mata pencarian non kayu
Betapa besar manfaat hutan bagi kita akankah kita selamanya akan membiarkan mereka dirambah. Kini saatnya kita menyelamati diri kita saudara kita dan anak cucu kita nanti. Dengan cara kita menjaga lingkungan hutan kita jangan biarkan mereka dirambah mari bersama kita saling merangkul lindungi anak cucu kita dari musibah hentikan kerusakan hutan.
Pemerintah sebagai naungan kami bantu kami dan anak cucu kita nanti bangkitkan jiwa budi pekerti. tanah leluhur sedang menanti aksi kita dalam penyelamatan lingkungan ini. Kuatkan undang undang hentikan perambahan hutan, stop pembukaan lahan perkebunan sawit.
Sebagai warga masyarakat kita harus menyadari betapa pentingnya hutan yang kita miliki. Mari beraksi dengan cara melindungi alam sekitar kita dari perambahan hutan dan menutup akses jalan mereka agar hutan kita terjaga. Sebagai masyarakat kita harus tahu terjaganya hutan ini akan berdampak baik untuk kita. Hutan bisa menjadi tempat kita bekerja dengan memanfaatkan hasil hutan non kayu dan membudidayakan tumbuhan untuk menunjang perekonomian kita.
Pemerintah harus kuat dalam menegakan hukum sesuai dengan ketetapan undang-undang yang berlaku. Perambahan hutan baik perorangan, organisasi dan perusahaan harus ditindak tegas.
Pemerintah pusat maupun daerah harus membuat program strategis untuk menjaga lingkungan hutan dalam melibatkan masyarakat lokal. Pemerintah harus mampu membuka kemampuan dan sifat peduli lingkungan untuk masyarakat dengan cara sosialisasi kemasyarakat. Masyarakat perlu bimbingan dari pemerintah dalam rangka penjagaan pemanfaatan dan memberikan pengetahuan luas tentang manfaat hutan yang keberlanjutan demi tercapainya lingkungan hutan yang terjaga.

Artikel yang diterbitkan oleh