lomba penulisan MARI LESTARIKAN LINGKUNGAN HUTAN

MARI LESTARIKAN LINGKUNGAN HUTAN
Hutan merupakan paru-paru dunia pemasok oksigen dalam keberlangsungan hidup manusia. Hutan sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Hutan mampu menyerap karbondioksida yang dihasilkan oleh aktifitas manusia. Kelestarian hutan dan keanekaragaman hayati berperan besar dalam menjaga iklim dunia.
Kebanyakan dari kita tidak pernah berfikir tentang alam rimba kita. Kita sering melupakan rimba dengan keindahan kota. Kebanyakan kita memilih berjalan kekota melihat keramaian dan bangunan tinggi tanpa kita sadari itu adalah sarang polusi.
Sadarilah keindahan hutan yang tidk diatur dan tidak ditanam jauh lebih unik daripada tekstur beton yang tersusun kuat gagah tinggi yang dirancang sedemikian rupa. Air yang mengalir diatas permukaan bebatuan dibawah lembah bukit pepohonan jauh lebih bersih dari pada air galon isi ulang yang dikonsumsi di perkotaan.
Hutan merupakan bagian penting terpeliharanya keseimbangan lingkungan hidup, hutan sebagai suatu ekosistem tidak hanya menyimpan sumberdaya alam berupa kayu tapi masi banyak potensi non kayu yang dapat dijumpai didalamnya. banyak yang bisa kita ambil dan kita nikmati dalam hutan ini tanpa harus merusak ekosostemnya. Hutan merupakan bagian penting terpeliharanya keseimbangan lingkungan hidup mari bersama menjaga keseimbangan itu.
Melindungi lingkungan hutan beserta isinya adalah upaya menyelamatkan dunia dari perubahan iklim. Masyarakat dan pemerintahan harus mampu mengembangkan penjagaan lingkungan hutan beserta isinya.
Pemerintahan merupakan aktor dalam perlindungan hutan dan masyarak adalah peran penting dalam menja agar terjaganya lingkungan hutan beserta isinya dari kerusakan yang tak diinginkan.
Adapun langkah-langkah pemerintah yang harus dilakuakan adalah sebagai berikut:
1. Ketegasan dalam penegakan undang-undang yang telah ditetapkan dan menetapkan hukuman yang seberat-beratnya kepada penyalagunaan wilayah hutan.
2. Menutup fasilitas kepada inpestor asing untuk merubah lahan hutan menjadi perkebunan
3. Membuka fasilitas maupun otoritas kepada masyarakat dalam perlindungan hutan
4. Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dalam menfaat dan kegunaan hutan beserta isinya.
5. Pemerintahan harus memberi wewenang kepada masyarakat dalam pengelolaan lingkungan ekowisata untuk menunjang perekonomian masyarakat sekitar. Dengan ketentuan yang berlaku.
6. Menjadikan masyarakat yang peduli lingkungan serta isi hutan.
Masyarakat merupakan peran penting dalam menjaga lingkungan hutan beserta isinya dengan cara:
1. Masyarakat harus bahu membahu dalam mejaga lingkungan hutan
2. Masyarakat harus mampu melindungi fauna dan flora dari tangan yang tak bertanggung jawab
3. Membiasakan menanam dan mengurangi penebangan yang berlebihan
4. Tidak memelihara satwa yang dilindungi
Sudah saatnya kita melindungi hutan. Upaya yang serius harus kita lakukan dalam penjagaan hutan ini demi menghindari semakin meluasnya kerusakan hutan yang kita miliki. Meningkatkan kesadaran dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat. Peran kita dalam menjaga lingkungan hutan beserta isinya merupakan manfaat penting bagi kita dan generasi selanjutnya demi terciptanya indonesia yang hijau. Jika bukan dari sekarang kapan lagi jika bukan berawal dari kita dari sipalagi? Terjaganya lingkungan kita berawal dari kemauan kita dalam menjaganya mari bersama lestarikan lingkungan hutan kita.

Artikel yang diterbitkan oleh