Lomba Penulisan : Kondisi Sawah Tadah Hujan Pasca Banjir

Share

sawah banjir

Sawah ini terletak di perbatasan Kota Jambi – Kabupaten Muaro Jambi. Sawah ini tergolong kedalam sawah tadah hujan, dimana waktu penanamannya tergantung pada musim. Apabila musim hujan tiba seperti sekarang ini, maka sawah tergenang banjir. Tidak ada aktivitas yang dilakukan petani padi pada musim hujan, kecuali menunggu sampai kondisi banjir pun surut.

Dalam gambar ini, banjir sudah hampir surut, sehingga sebagian dari petani ada yang mulai turun ke sawah membersihkan sebagian sampah-sampah yang menggenangi sawah tadah hujan tersebut.

Dalam hal ini, kerusakan lahan sawah akibat banjir menjadi permasalahan utama, dimana berkenaan dengan kerusakan lingkungan alam dalam lingkup pertanian, yaitu sawah tadah hujan. Tidak hanya kerusakan lahan, melainkan produksi padi akan terganggu bahkan gagal.

Maka dari itu, strategi petani dalam kondisi demikian, mereka mulai melakukan penggarapan sawah tadah hujan dan menanam pada musim maret – april, sehingga awal sampai pertengahan oktober padi dapat dipanen untuk menghindari musim hujan dan mengakibatkan banjir.

Meskipun demikian, produksi panen tetap tidaklah maksimal, dimana panen padi hanya sekali setahun ditambah dengan hama tikus dan wereng yang mengganggu proses produksi padi.

Maka dari itu, pemerintah harus lebih tegas dan cekatan dalam hal membantu meringankan beban petani. Pemerintah harus kembali mendemonstrasikan penggunaan padi bibit unggul, sebab petani sawah tadah hujan tersebut cenderung menanam padi biasa. Namun, setelah melakukan pendemonstrasian penggunaan bibit unggul kepada para petani, bibit unggul tersebut harus tersedia dekat dengan jangkauan petani, sehingga petani dengan mudah dapat membelinya dengan harga yang juga terjangkau dengan pendapatan petani. Begitu pula dengan pupuk. Ketersediaan pupuk harus berada dekat dengan jangkauan petani. Terkadang masalah sederhana seperti inilah yang membuat produksi padi terganggu.

Share

Komentar

komentar

Latest News
20638354_10154679732576811_1352153978649520921_n

Green Energy for Asian Games 2018

August 10, 2017
Share Tweet PENINJAUAN LAPANGAN DAN TEMU MEDIA PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DENGAN KAPASITAS 2 MW UNTUK MENUNJANG KEGIATAN GREEN ASIAN GAMES DI STADION JAKABARING PALEMBANG Bukan hanya judul tulisan Read More
1382187_615954365113939_270388898_n

Kampus teknik pun peduli peduli perubahan iklim

August 2, 2017
Share Tweet Dampak Perubahan Iklim Perubahan  iklim  global  dewasa  ini  sudah  mulai  kita  rasakan  dampaknya. Salah  satu  penyebabnya  adalah  meningkatnya  konsentrasi  gas  rumah  kaca di atmosfer. CO2  merupakan salah satu Read More
Bull shark. Foto: Global FinPrint Project

Pemangsa yang Menjadi Mangsa: Kondisi Hiu dan Pari di Perairan Indo-Pasifik

May 27, 2017
Share Tweet     Hiu dan pari merupakan jenis ikan dalam kelas Chondrichthyes (bertulang rawan). Termasuk di dalamnya Chimaera yang lebih dikenal sebagai Ghost Shark. Kelas ini memiliki keanekaragaman yang Read More

Sosialisasi Program Mitigasi Berbasis Lahan dan Penyusunan Program Unggulan yang Berkelanjutan

March 17, 2017
Share Tweet Sosialisasi program mitigasi berbasis lahan dan penyusunan program unggulan di lokasi program dengan melibatkan lima desa. Setidaknya itu yang dilakukan oleh Yayasan Palung pada (11/3/2017), pekan lalu, di Read More